Sunday, October 5, 2014

DPD Berharap Pemilihan Pimpinan MPR Mengendepankan Musyawarah




MatahatiCorp Independent News





DPD Berharap Pemilihan Pimpinan MPR Mengendepankan Musyawarah




REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Bambang Sadono berharap pemilihan Ketua MPR RI yang akan berlangsung Senin (6/10) besok, mengutamakan prinsip musyawarah agar semua pihak bisa terakomodasi.


“Kami ingin semua fraksi (kelompok) duduk bersama, musyawarah, menghindari voting, dan mengusahakan semua fraksi terwakili,” katanya di Crowne Plaza Hotel Jakarta, Minggu (5/10).


Bambang melanjutkan, DPD sudah memiliki sembilan nama untuk menjadi pimpinan MPR RI. DPD pun akan mengusulkan perubahan tata tertib (tatib) mengenai jumlah pimpinan tersebut.


“Bisa dirumuskan kembali jumlah pimpinan bisa tujuh atau sembilan, agar kedua kelompok merasa terwakili dan tidak ada yang ditinggalkan. Nggak ada istilah kalah dan menang,” jelasnya.


Ia mengatakan dalam pemilihan pimpinan MPR tidak perlu terburu-buru. DPD pun, lanjutnya, akan mengusulkan penambahan waktu jika memang pemilihan pimpinan MPR tidak bisa diselesaikan besok.


“Lebih baik mundur dikit, dari pada tergesa-gesa tapi ada yang kecewa, mudah-mudahan tanggal 20 tetap jalan (pelantikan Presiden),” ujarnya.


Anggota DPD lainnya, Asri Anas menegaskan DPD berada di posisi tengah dan tidak ada polarisasi di DPD yang dibawa ke MPR. Ia mengatakan DPD tidak berfokus pada siapa yang akan menjadi Ketua dan Wakil MPR RI.


“Kami menginginkan sinergisme legislatif dan eksekutif agar bisa tumbuh untuk Indonesia yang lebih baik ke depan,” katanya.


Anas melanjutkan, intinya adalah prinsip musyawarah harus diterapkan dalam pemilihan pimpinan MPR RI. Sementara untuk mengusulkan perubahan tatib, DPD harus mengumpulkan 70 tanda tangan anggota DPD disertai alasan pengusulan.


Tanda tangan beserta alasan tersebut kemudian diajukan di rapat gabungan besok siang dan hasil disetujui atau ditolaknya akan diputuskan dalam rapat paripurna besok malam. Anas menambahkan DPD akan mengusulkan sembilan nama yang mewakili tiga wilayah Indonesia, yaitu wilayah Barat, Tengah, dan Timur.


Sembilan nama yang diusulkan tersebut yaitu, Indonesia Barat diwakili Asmawati, Gafar Usman dan Hudarni Rani. Untuk Indonesia Tengah, Oesman Sapta, A.M Fatwa dan Ahmad Muqowam. Sedangkan Indonesia Timur, John Peris, Hana Hasanah dan Ajib Padinding.





DPD Berharap Pemilihan Pimpinan MPR Mengendepankan Musyawarah

MR. Fangwan Pasmah








No comments:

Post a Comment