Thursday, September 18, 2014

Anas Urbaningrum Membela Diri Sambil Berdiri




MatahatiCorp Independent News





Anas Urbaningrum Membela Diri Sambil Berdiri



RMOL. Terdakwa kasus dugaan gratifikasi proyek Hambalang dan atau proyek-proyek lainnya serta tindak pidana pencucian uang (TPPU), Anas Urbaningrum membacakan nota pembelaan alias pledoi pribadinya dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (18/9).


Pantauan Rakyat Merdeka Online, eks Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu membacakan pledoinya sambil berdiri. Sementara dalam ruang sidang dipenuhi para pendukungnya. Ada ormas Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI), ada aktivis PB HMI, serta sejumlah mahasiswa dari berbagai elemen.


Adapun sidang Anas sendiri berlangsung molor. Sidang yang semula diagendakan berlangsung pukul 13.00 WIB ini baru digelar menjelang pukul 16.00 WIB tadi.


“Hari ini adalah saat bersejarah bagi saya karena akan bacakan pledoi pribadi saya selaku terdakwa dalam persidangan ini,” kata Anas mengawali pembacaan pledoinya dalam persidangan.


Anas nampak menggunakan kemeja putih lengan panjang. Dia berterima kasih ke majelis hakim. Selain itu, dia juga mengucapkan terima kasih atas persidangan yang berlangsung baik, sungguh-sungguh, bebas dan berhasil membuka fakta penting terkait kasus yang menjeratnya.


“Tidak keliru kalau saya sebut persidangan ini sebagai persidangan yang berkualitas. Kualitas persidangan sangat ditentukan oleh kesungguhan dan kecakapan ketua majelis yang bantu anggotanya,” terang Anas tenang.


Dalam kesempatan ini, Anas juga menghaturkan rasa terima kasihnya kepada pihak-pihak lain di luar majelis hakim.


“Terimakasih kepada JPU yang jalankan tugasnya sangat amat serius. Proses persidangan ini bagi JPU adalah sesuatu yang khas dan tak akan ada lagi yang mengatakan berangkat dari kepentingan obyektif meskipun dijalankan dengan metode yang subjektif,” sindir Anas halus.


“(Terima kasih) rekan-rekan wartawan yang ikuti persidangan ini. Baik yang dibekali dengan framing positif maupun yang dibekali dengan framing negatif. Tentu saja dalam kehidupan pers yang sehat,” tandasnya.[wid]




Anas Urbaningrum Membela Diri Sambil Berdiri

Agistira








No comments:

Post a Comment